Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

206 Tahun Bandung, Ini Kemajuannya Menurut Ridwan Kamil

Kompas.com - 26/09/2016, 17:40 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Tepat pada tanggal 25 September 2016, Kota Bandung menginjak usia 206 tahun. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengklaim, Kota Bandung lebih maju dari tahun sebelumnya.

Apa saja perkembangan positif Kota Bandung di tahun ini?

"Di 206 tahun ini pasti ada kemajuan, enggak mungkin enggak ada kemajuan. Kemajuan kan ada ukuran ukuran hasil audit, penghargaan dari pusat dan lain-lain," ucap pria yang kerap disapa Emil ini di Kantor DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Senin (26/9/2016).

"Survei nasional oleh Interconsulting kita kan terbaik di mata publik nasional dari sisi  infrastruktur, pariwisata, investasi dan ekonomi. Dari ombudsman juga sudah tidak ada rapor merah, 90 persen sudah hijau," lanjutnya.

Selain mengacu pada penilaian dan penghargaan, Pemkot Bandung pun turut melakukan survei kepada sekitar 450 responden yang dilakukan pada pertengahan September 2016.

"Nah apresiasi kinerja DPRD dan kita sebagai penyelenggara pemerintahan itu 88,8 persen yang menyatakan sesuai ekspektasi. Yang masih merasa ekspektasinya terpenuhi  masih dianggap kurang ada 11,2 persen," tuturnya.

Selain dari perkembangan infrastruktur, investasi teknologi di Kota Bandung juga turut meningkat. Paling anyar, Kota Bandung kedatangan investor asal Amerika yang akan membuat aerospace dengan nilai investasi sebersar Rp 1 triliun.

"Kemudian investasi senilai Rp 2 triliun untuk pembangunan data center juga saat ini sedang mencari lahan. 30.000 bisnis baru lahir gara-gara enggak perlu izin UKM. Itu kan bagian dari peningkatan untuk penyerapan pengurangan pengangguran," tuturnya.

(Baca juga:HUT Bandung, Ridwan Kamil Keliling Bandung Naik Bandros)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com