Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Indonesia Merdeka, Akhirnya Kabupaten Ini Punya Mobil Damkar di Tahun 2016

Kompas.com - 24/09/2016, 23:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, akhirnya mendapat bantuan satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Sejak Indonesia merdeka, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Distrik Oekusi, Timor Leste itu, belum memiliki mobil yang khusus mengatasi persoalan kebakaran.

Bupati TTU Raymundus Sau Fernandez kepada sejumlah wartawan, Sabtu (24/9/2016) mengatakan, mobil damkar itu adalah bantuan dari pemerintah pusat, setelah ia berulang kali mengusulkannya.

“Ini mobil damkar pertama di Kabupaten TTU. Kami sudah lama meminta kepada pemerintah pusat dan baru terealisasi sekarang. Ada banyak kebakaran yang terjadi di TTU seperti kebakaran kantor bupati dan kantor Komisi Pemilihan Umum, terpaksa hanya menggunakan mobil tangki air. Dengan adanya mobil damkar ini bisa membantu memadamkan api di wlayah TTU,” kata dia.

Mobil damkar ini, lanjutnya, sudah ada di Kefamenanu sejak dua pekan lalu. Hal itu berkat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setelah melihat berbagai kejadian bencana alam yang terjadi di kabupaten TTU.

”Saya menyurati pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana sehingga kemudian dikirim,” ujarnya.

 

Menurut Fernandez, mobil damkar yang jumlahnya cuma satu ini memang tidak ideal untuk memenuhi kebutuhan seluruh kabupaten. Idealnya butuh empat mobil.

Mobil damkar pertama ini akan bernaung di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU.

”Personel yang akan mengoperasikan mobil damkar ini ada delapan orang. Mereka saat ini sedang dilatih dan mudah-mudahkan dalam satu sampai dua minggu ke depan mereka sudah punya keterampilan untuk mengoperasikan damkar ini,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com