Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Denmark Tertarik Wisata di Karimunjawa

Kompas.com - 14/09/2016, 18:19 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mempromosikan sejumlah destinasi wisata unggulan di Jateng ke berbagai pihak yang menemuinya.

Saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Muda Denmark Bidang Kebijakan Luar Negeri Lone Dencker Wisborg dan rombongan di ruang kerjanya, Rabu (14/9/2016), ia menawarkan hal serupa.

Beberapa destinasi yang ditawarkan misalnya Karimunjawa dan Dieng. Pihak Pemerintah Denmark pun menyanggupi keinginan berkeliling ke sejumlah destinasi, namun pada waktu yang lain.

"Indonesia mendorong sektor pariwisata. Kami harap Denmark bisa membantu penerbangan langsung ke Indonesia, sekaligus nanti bisa berkeliling tempat wisata ke Jawa tengah," pinta Ganjar.

"Saya ajak menyelam di Karimunjawa. Itu indah banget," kata dia.

Baca juga: Denmark Hibahkan Dana Rp 191 Miliar untuk Proyek Lingkungan di Jateng

Ganjar juga mempromosikan kawasan wisata di Dieng di Kahupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Kata Gubernur, di Dieng ada hujan es, dan itu hanya satu-satunya di dunia.

Keinginan Ganjar langsung ditanggapi Dubes Denmark untuk Indonesia, Casper Klynge. Rombongan tim dari Denmark sebenarnya hendak berkunjung ke Karimunjawa, namun tidak bisa dilakukan hari ini. Waktu kunjungan terbatas membuat agenda ke Karimunjawa ditunda.

"Kami semula ingin ke Karimunjawa, tapi waktu kunjungan sehari jadi tidak sempat ke sana," jawab sang Dubes.

Suvenir

Setelah berbincang banyak hal termasuk wisata, giliran potensi lokal yang dipromosikan seperti jamu, gula dan kopi. Ganjar mempromosikan gula semut rendah kalori yang sudah diekspor ke Amerika Serikat. Ia juga menawarkan kopi baru asal Salatiga.

Ada kisah menarik ketika Ganjar bertanya soal minuman kesukaan Menteri Denmark. Ganjar berharap menteri menyukai kopi, dan bisa dipasarkan di Eropa.

"Ibu menteri sukanya apa? Kopi?" tanya Ganjar.

Sang Menteri Lone Dencker lalu menjawab, "Saya tidak terlalu suka kopi, saya suka wine (anggur)."

Ganjar terdiam sesaat mendengar jawaban itu. Di akhir pertemuan, para tamu diberi suvenir dari produk-produk unggulan di Jateng untuk dibawa pulang ke negeri asalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com