Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Merawatnya Setahun, Wakil Ketua Dewan Aceh Barat Serahkan Orangutan ke BKSDA

Kompas.com - 09/09/2016, 05:31 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Setelah setahun memelihara orangutan sumatera sejak bayi, Haji Kamaruddin SE, wakil ketua DPRK Aceh Barat, akhirnya dengan sukarela menyerahkan satwa dilindungi itu kepada Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) dan BKSDA Aceh, Kamis (08/09/16).

“Sudah saatnya saya serahkan, karena sebelumnya saya juga telah melaporkan kepada BKSDA, tapi karena masih kecil saya rawat dan besarkan dulu," kata Kamaruddin yang juga calon wakil bupati Aceh Barat pasangan Teuku Alaidinsyah yang maju pada Pilkada 2017 mendatang.

Baca juga: Orangutan Berusia 3 Tahun Ditemukan di Bekas Hutan yang Terbakar

Kamaruddin mengaku memperoleh bayi orangutan peliharaannya itu sejak setahun lalu yang diberikan oleh salah satu warga Nagan Raya. Bayi orangutan itu ditemukan di kawasan hutan Seumanyam, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Aceh.

“Orangutan ini pemberian warga kepada saya, karena yang menemukan tidak sanggup merawat, makanya saya pelihara," katanya.

Orangutan berjenis kelamin jantan yang diperkirakan telah berusia setahun lebih itu diberi nama Bren. Kamaruddin mengaku dia merawat orangutan layaknya seperti bayi manusia, dengan menyediakan kamar khusus di lantai dua rumahnya dan memberi berbagai makanan dan minuman bergizi.

“Selama ini saya beri susu, buah, dan nasi, serta saya belikan pakaian khusus untuk si Bren," katanya.

Sementara itu, Abdul, dari YOSL-OIC mengatakan membawa Bren ke Sibolangit, Sumatera Utara, untuk dikarantina sebelum dilepaskan kembali ke habitanya.

“Ini akan kita bawa ke tempat karantinannya di Sibolangit, kemudian setelah kita rawat nanti akan kita lepaskan kembali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com