Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Risma Dicatut Penipuan CPNS

Kompas.com - 01/09/2016, 14:47 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dicatut dalam aksi penipuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Korbannya dijanjikan akan bekerja di sejumlah instansi di lingkungan Pemkot Surabaya.

Nama dan tandatangan Risma ada di dalam undangan untuk para korban penipuan, yang diminta hadir di Balai Kota Surabaya, Rabu kemarin dalam acara ramah tamah bersama Risma, sekaligus pelepasan ke masing-masing instansi.

Selain nama Risma, di surat dengan kop Pemkot Surabaya itu nama Ketua DPRD Surabaya dan Sekretaris Kota Surabaya, Hendro Gunawan. Juga ada nama Sofyan Jalil yang disebut sebagai seorang staf Kementerian Dalam Negeri. Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser, memastikan bahwa surat tersebut palsu.

"Para korban juga sempat datang ke balai kota kemarin," jelasnya, Kamis (1/9/2016).

Menurut keterangan korban kata Fikser, mereka adalah korban seorang bernama Anang Efendi yang mengaku pegawai Pemprov Jatim. "Anang ini mengaku dekat dengan Bu Risma," jelas Fikser.

Sebelum diundang datang ke Pemkot Surabaya, para korban sudah melunasi uang muka pembayaran administrasi yang nilainya beragam, dari Rp 16 juta, hingga Rp 35 juta.

"Warga diharap tidak terlalu percaya pada orang atau oknum yang menawarkan CPNS, jika ada pasti diumumkan melalui media resmi Pemkot Surabaya, dan tidak pernah ada pungutan biaya," terangnya. 

Dia menegaskan, bahwa sesuai surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015 tanggal 30 Juni 2015, bahwa sejak 2015 sampai sekarang, Pemkot Surabaya tidak melakukan penerimaan CPNS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com