Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Korsel Bakal Bangun Instalasi Air Bersih di Aceh

Kompas.com - 19/08/2016, 16:46 WIB
Masriadi

Penulis

ACEH UTARA, KOMPAS.com - PT Posco, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) asal Koreal Selatan (Korsel) ingin membangun instalasi pengolahan air bersih di Aceh Utara untuk kebutuhan masyarakat.

Untuk merealisasikan hal itu pada Desember 2016 mendatang, Pemerintah Aceh Utara akan membuat penandatanganan perjanjian atau MoU dengan perusahaan itu.

Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib menyebutkan perusahaan itu mulai survei di Aceh Utara pada tahun 2014.

“Mereka ini sudah pernah kerjasama dengan Badan perencanaan Pembangunan nasional (Bappenas),” ujar pria yang akrab disapa Cek Mad ini kepada Kompas.com, Jumat (19/8/2016).

Bukti keseriusahan BUMN Korea Selatan itu, menurut dia, pada akhir Juli lalu Pemerintah Aceh utara diundang ke Korea Selatan.

“Setelah membangun instalasi air bersih, nantinya akan dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mon Pase Aceh Utara. Namun, mereka juga mendapatkan keuntungan untuk pendapatan negaranya sendiri. Kewajiban Pemkab Aceh Utara hanya menyediakan lahan dan mengurus izin saja, dan hal itu akan kita persiapkan nantinya setelah tanda tangan MoU,” katanya.

Instalasi air bersih itu bakal sanggup memenuhi seluruh masyarakat Aceh Utara dan Lhokseumawe serta BUMN yang ada di Aceh Utara dan Lhokseumawe, dengan harga yang lebih murah.

Untuk pembeli, sejumlah BUMN di Aceh sudah bersedia membeli air bersih tersebut.

“Selama ini kan BUMN itu mengolah air bersih sendiri, dan itu biaya besar. Jika dibeli dari kita, nanti akan jauh lebih murah,” kata Cek Mad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com