Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Satu Pun Menteri Datang, Masyarakat Adat Enggano Kecewa

Kompas.com - 16/08/2016, 17:03 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Masyarakat adat Pulau Enggano, Provinsi Bengkulu, kecewa karena tak satu pun menteri yang datang ke daerah itu dalam perayaan HUT ke-71 RI. Padahal sebelumnya, tiga menteri dijanjikan hadir langsung ke pulau terluar di Bengkulu itu.

"Kami tentu saja kecewa tidak ada satu pun menteri yang hadir. Padahal segala persiapkan sejak satu bulan terakhir," kata Kepala Suku Kaitora, Rafly M Zen, Selasa (16/8/2016).

Ada banyak persiapan yang sudah dilakukan masyarakat, seperti mempersiapkan mahkota yang diberikan kepada menteri sebagai bentuk pengangkatan dewan kehormatan masyarakat adat Enggano. Selanjutnya, digelar pula ritual adat, festival adat serta upacara HUT RI.

Sementara itu, yang hadir dalam kegiatan itu adalah beberapa pejabat kementerian. Masyarakat adat menyampaikan sejumlah hal kepada perwakilan kementerian, seperti aturan hukum mengenai pengakuan dan perlindungan masyarakat adat dan pembangunan.

Rombongan kementerian tiba di Enggano sekitar pukul 13.00 WIB menggunakan KRI Imam Bonjol. Rombongan kementerian direncanakan menggelar ramah tamah dengan warga pada pukul 15.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com