Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Hari Kemerdekaan, Siswa MI di Gresik Kompak Berpakaian Pejuang dan Tentara

Kompas.com - 07/08/2016, 13:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama (NU) Trate Putra Gresik, Jawa Timur, kompak memakai pakaian ala nasionalis, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-71, yang bakal diperingati pada 17 Agustus 2016 mendatang.

Para siswa yang melakukan long march dari alun-alun Gresik menuju sekolah MI NU Trate Putra, Jalan KH Abdul Karim No 60, Gresik, sempat menjadi tontonan warga sekitar dan yang tengah melintas.

Mereka menyita perhatian masyarakat, lantaran ada siswa yang mengenakan busana ala seragam kepolisian, TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, sampai tampilan seperti para pejuang tempo dulu dari beberapa daerah.

“Kami sengaja mendahului (momen peringatan Hari Kemerdekaan RI) dengan tujuan, memberikan pelajaran serta wawasan kepada para siswa, akan pentingnya mempertahankan keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) yang benar-benar harus dijaga,” ungkap Kepala Sekolah MI NU Putra Trate Gresik, Huda Arifin, Minggu (7/8/2016).

Agenda tersebut, rupanya disambut antusias oleh para siswa MI NU Trate. Salah satunya adalah Muhammad Ilham (11), yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas enam di MI NU Trate.

“Senang aja pakainya, jadi mirip tentara. Meski saya sendiri sebenarnya bercita-cita sebagai seorang ustad. Pakaian ini dibelikan bapak di pasar kemarin,” tutur Ilham yang mengenakan seragam ala TNI Angkatan Darat.

Berbeda dengan Ilham, Abizar Imanudin (8) yang tercatat sebagai siswa kelas tiga MI NU Trate, memang sengaja berpesan kepada orang tuanya untuk bisa memakai seragam kepolisian saat mengikuti kirab.

“Karena saya ingin jadi polisi saat besar nanti. Tapi habis ini seragam ini harus dikembalikan, karena kata ibu seragam ini cuma pinjam aja bukan dibeli,” kata Abizar.

Sementara Ibad (8) yang masih duduk di kelas tiga MI NU Trate, memilih mengenakan baju pejuang tempo dulu yang biasa dikenakan warga Madura. Karena suka dan terkesan keren, meski ia mengaku asli kelahiran Gresik.

“Orang-orang Madura itu kebanyakan adalah pemberani. Makanya saya pakai baju ala Madura ini, agar ikut jadi pemberani,” papar Ibad.

Tak sekedar memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-71 dengan berkonvoi, namun sebagian di antara siswa MI NU Trate juga sempat memamerkan kebolehannya memainkan marching band, saat sudah sampai di lingkup sekolah, dengan disaksikan oleh rekan-rekannya dan juga para guru.

Kompas TV Siswa SD Ini Sabet Juara 3 Robotica di Jerman
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com