Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Kakek Berusia 70 Tahun Tinggal di Kandang Ayam

Kompas.com - 31/07/2016, 10:15 WIB

JOMBANG, KOMPAS.com — Kakek Khamim (70) sudah lima tahun tinggal di kandang ayam.

Kakek yang tak pernah menikah ini tidur bersama ayam dan angsa di gubuk reyot di Dusun Muruagung, Desa Kebondalem, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang.

Tempat tinggal itu berlantai tanah basah, berdinding kayu lapis serta anyaman bambu. Semuanya sudah terlihat usang.

Bahkan, lubang dinding menganga di mana-mana. Hanya sebuah ranjang kayu usang yang menjadi tempat untuk merebahkan tubuhnya.

Kondisi kakek Khamim menarik simpati sejumlah kalangan. Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Cabang Jombang pun memberikan bantuan kepada Khamim.

"Bantuan itu berupa sembako, pakaian, dan uang untuk membantu rehabilitasi tempat tinggal kakek Khamim," kata Ketua Lazisnu Jombang, Didin Achmad Solahudin, di Jombang, Minggu (31/7/2016).

Bantuan tersebut diterima dengan senang hati oleh kakek Khamim. Dia mengaku senang saat didatangi pengurus Lazisnu dan K2JC (Kebo Kicak Jurnalis Community).

"Alhamdulillah, saya senang. Ini ada baju untuk shalat. Terima kasih banyak untuk bantuan ini," katanya.

Selama puluhan tahun menjalani hidup sebatang kara, Kakek Khamim itu belum pernah mendapat bantuan dari Pemkab Jombang karena tidak memiliki identitas administrasi seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk). "Saya mengharapkan KTP itu," katanya.

Dalam kunjungan itu, Didin Achmad Solahudin meminta izin keluarga kakek itu untuk memperbaiki tempat tinggal Mbah Khamim.

"Yang penting lahannya ada. Kita bisa menyiapkan anggaran untuk merehabilitasi rumah Mbah Khamim," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com