Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Forum Wali Kota Perempuan, Risma Pamer Punya Kepala Dinas Kebakaran Perempuan

Kompas.com - 24/07/2016, 16:46 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA,  KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya menjadi salah satu pembicara di Women Mayors Forum atau Forum Dialog Wali Kota Perempuan se-Asia Pasific di Graha Sawunggaling Surabaya, Minggu (24/7/2016). 

Saat presentasi di forum tersebut, Risma menyebut bahwa 50 persen anak buahnya dari kalangan kepala dinas dan camat, adalah perempuan. 

"Salah satunya adalah kepala dinas pemadam kebakaran. Meskipun perempuan, dia selalu datang ke lokasi kebakaran kapan pun dan di mana pun. Mungkin ini satu-satunya di dunia," kata Risma.

Risma memilih para pejabat perempuan bukan karena secara gender sejenis dengan dia, melainkan mereka memiliki kemampuan di bidangnya. "Mereka mampu, bukan karena mereka perempuan seperti saya," jelas Risma.

Risma juga menerangkan bagaimana dia memberdayakan kelompok perempuan dan ibu-ibu, yang tergabung dalam kader KB, PKK, dan kader lingkungan dalam menangani masalah sosial di perkotaan.

Women Mayor Forum atau forum dialog walikota perempuan se-Asia Pasific hari ini adalah rangkaian kegiatan menyambut Konferensi Perkotaan PBB atau Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat yang digelar di Surabaya, 25-27 Juli ini.  2.000 lebih peserta dari 193 negara PBB, sejak kemarin sudah datang di Surabaya.

Selama dua hari, mereka berkonferensi membahas isu-isu pemukiman perkotaan dunia, dan menuangkannya dalam sebuah rekomendasi yang bersifat global.

Kompas TV Risma Ancam PMKS agar Tak Balik ke Surabaya
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com