Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Borong Penghargaan Lingkungan di Riau

Kompas.com - 22/07/2016, 18:43 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memborong dua penghargaan lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jumat (22/7/2016).

Penghargaan itu diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau. 

Risma memborong dua penghargaan, yakni penghargaan Nirwasita Tantra dan Adipura Paripurna. Nirwasita Tantra adalah penghargaan untuk pemerintah daerah yang dinilai berhasil mengembangkan kebijakan dan program pembangunan dengan prinsip berkelanjutan. 

"Nirwasita Tantra adalah piala bergilir, Surabaya terpilih dari kategori kota untuk penyusunan status lingkungan hidup daerah," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Musdiq Ali Suhudi, dikonfirmasi, Jumat.

Adapun penghargaan Adipura Paripurna diberikan kepada kota yang dinilai berhasil dalam pengelolaan lingkungan sekaligus mengombinasikan dengan keberhasilan inovasi di bidang ekonomi, wisata, kesehatan, partisipasi masyarakat, serta pelayanan publik. 

Adipura Paripurna, kata Musdiq, kriterianya sangat komprehensif ke seluruh aspek perkotaan, tidak hanya lingkungan, tetapi juga ekonomi, sosial, partisipasi masyarakat dan dunia usaha. Juga inovasi teknologi untuk pembangunan kota yang berkelanjutan.

"Adipura Paripurna kali ini adalah penghargaan ketujuh sejak tujuh tahun terakhir," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com