Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi: Waspadai Penipuan, Hipnotis sampai Pembiusan Saat Arus Balik

Kompas.com - 06/07/2016, 14:47 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kriminalitas pada musim arus balik Lebaran, mulai dari kasus penipuan, hipnotis sampai pembiusan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Awi Setiono mengatakan, di luar Jakarta, ada kasus penipuan terjadi yang melibatkan porter pengangkut barang. Dia berharap, pemudik memperhatikan barang bawaannya yang dititipkan kepada porter.

"Ada modus yang saya baca tapi bukan terjadi di Jakarta, itu kejadiannya orang turun bus ada porter yang ambil barang, kemudian ternyata tidak tahu barang di mana," kata Awi di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Turun dari transportasi mudik, pemudik juga diharapkan tetap berhati-hati terhadap orang tak dikenal. Kerawanannya, selain penipuan, bisa kasus hipnotis sampai pembiusan.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kaum hawa yang berjalan sendiri untuk berhati-hati, termasuk mengawasi keluarga yang baru datang ke Jakarta.

Meski demikian, Awi menyatakan polisi akan tetap berjaga di tempat kedatangan arus balik.

"Di pos-pos itu tetap kita jaga," ujar Awi.

(Baca juga:Antisipasi Copet dan Pelaku Hipnotis, Polisi Jaga Ketat Tempat Wisata)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com