Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidak ke Pasar Modern, Petugas Temukan Makanan dengan Kemasan Rusak

Kompas.com - 29/06/2016, 15:50 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tim gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Jawa Barat, menemukan sejumlah makanan dengan kemasan rusak yang diperjualbelikan di salah satu pasar swalayan, Rabu (29/6/2016).

''Ada sejumlah produk makanan yang kami temukan kemasannya rusak dan tidak layak jual,'' kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, Ritanenny kepada wartawan seusai inspeksi mendadak, Rabu.

Menurut Ritanenny, produk makanannya memang belum kedaluwarsa. Namun kemasan yang rusak berpotensi menyebabkan kerusakan pada makanan yang ada di dalamnya.

''Walaupun di dalamnya ada bungkus alumunium foil tapi juga berpotensi rusak dan bila dikonsumsi akan menganggu kesehatan manusia,'' ujar dia.

Produk makanan yang rusak itu, lanjut Ritanenny, sudah ditarik dan disimpan di tempat terpisah di gudang. Rencananya oleh pengelola akan dikembalikan kepada produsen atau distributor.

''Dinkes akan memberikan rekomendasi untuk pengembalian ke produsennya karena kemasan rusak,'' katanya.

Ritanenny menegaskan, upaya pengawasan makanan dan minuman sebenarnya telah dilaksanakan secara rutin baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Bila ada yang melanggar tentunya akan ada sanksi tegas.

''Bila berulangkali melakukan pelanggaran tentunya bisa saja izin usaha dari pusat perbelanjaan tersebut dicabut,'' tegasnya.

Baca juga: 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com