Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik ke Sapeken, Ada Dua Kapal Perintis dan Satu Kapal Gratis

Kompas.com - 28/06/2016, 15:54 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com -  Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Wangi Ugan Sugiyana menyebutkan, selama musim mudik Lebaran 2016 ini, terdapat  dua kapal perintis dan  satu buah kapal angkut mudik gratis dari Banyuwangi menuju Sapeken.

Dua kapal perintis yang beroperasi saat Lebaran yaitu KM Sabuk Nusantara 27 dan KM Sabuk Nusantara 56.

Ugan kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2016) menjelaskan, KM Sabuk Nusantara merupakan pelayaran reguler yang tetap bisa mengangkut pemudik jika tidak bisa ikut mudik gratis yang di selenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

"Kalau yang mudik gratis membeludak mereka bisa ikut kapal perintis. Selain itu kami mengimbau kepada penumpang agar memprioritaskan membawa barang-barang kebutuhan pokok lebih dahulu karena biasanya mereka kalau pulang sambi membawa belanjaan dari Jawa," jelas Ugan.

Untuk KM Sabuk Nusantara 27 bisa membawa 250 penumpang sedangkan KM Sabuk Nusantara 56 sekitar 300 orang, dan untuk kapal mudik gratis berkapasitas sekitar 200 orang. Khusus KM Sabuk Nusantara akan melayani rute rute Tanjung Wangi, Banyuwangi-Sapeken- Pagarungan-Kangean-Sepudi- Kalianget-Masalembo-Surabaya.

"Untik yang mudik gratis hanya sampai Sapeken saja," jelasnya.

Untuk jadwal mudik gratis menuju Sapeken dari pelabuhan Tanjung wangi Banyuwangi pada tanggal 29 Juni 2016, 1 Juli 2016, 3 Juli 2016, 5 Juli 2016, 8 Juli 2016 dan 10 Juli 2016. Sedangkan untuk jadwal KM Sabuk Nusantara menuju Sapeken dan pulau pulau kecil di sekitarnya yaitu pada 26 Juni 2016, 1 Juli 2016 dan 10 Juli 2016.

"Untuk tahun lalu per kapal rata rata berisi 200 penumpang. Kalaupun ada lonjakan mungkin tidak signifikan dan masih bisa di atasi. Yang terpenting adalah faktor keselamatan dan armada yang digunakan juga sudah disiapkan semuanya termasuk posko terpadu di pelabuhan. Semoga cuaca juga bagus dan mendukung pelayaran," ucap Ugan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com