Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peminat Membeludak, Bus Mudik Gratis Dishub Jatim Ditambah

Kompas.com - 26/06/2016, 20:21 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Peminat mudik gratis dengan bus ke berbagai daerah di Jawa Timur membeludak.

Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub LLAJ) Jawa Timur terpaksa menambah 75 unit armada, dengan jumlah tempat duduk 4.125 orang.

"Untuk meningkatkan pelayanan, kami tambah lagi 75 unit armada dengan 4.125 tempat duduk. Pendaftaran mulai hari ini sampai dua hari ke depan," kata Kepala Dishub LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi, Minggu (26/6/2016).

Persyaratan memperoleh tiket gratis, kata Wahid, sama dengan gelombang pertama, yakni menyerahkan foto kopi kartu identitas dan kartu keluarga.

"Pelaksanaan mudik gratis digelar pada 3-4 Juli 2016, sedangkan angkutan balik gratis dilaksanakan 9-16 Juli 2016," terangnya. 

Pada gelombang pertama, Dishub LLAJ Jawa Timur menyediakan 510 armada bus untuk mudik dan balik gratis ke berbagai daerah. Sebanyak 338 bus di antaranya untuk mudik dan sisanya 122 unit untuk balik. Jika ditotal dengan pihak swasta, maka jumlah armada bus mudik gratis sebanyak 680 unit dengan 181.000 tempat duduk. 

Selain bus gratis, Dishub juga menyediakan 7.200 tempat duduk kapal gratis ke Pulau Masalembo, Pulau Kangean, dan Pulau Sapeken.

Sementara di jalur kereta api juga disediakan 113.000 lebih tempat duduk gratis dengan tujuan berbagai daerah di Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com