Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dishub Jatim Sediakan 3 Kapal Mudik Gratis ke 3 Kepulauan

Kompas.com - 21/06/2016, 14:17 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) Jawa Timur menyediakan tiga kapal mudik dan balik gratis untuk warga Kepulauan Masalembo, Sapeken, dan Kangean. Setiap unit kapal bisa menampung 2.400 penumpang.

"Ke Pulau Masalembo, kapal berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ke Pulau Sapeken, kapal dari Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi, sementara ke Pulau Kangean, kapal berangkat dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep," kata Kepala Dishub dan LLAJ Jawa Timur, Wahid Wahyudi, Selasa (21/6/2016).

Masing-masing kapal, kata dia, akan melakukan 12 kali perjalanan pulang pergi atau saat mudik dan balik dengan jadwal yang menyesuaikan selama angkutan Lebaran.

"Kapal mampu menampung 2.400 penumpang, sehingga total pada musim angkutan arus mudik dan balik tahun ini bisa membawa 7.200 penumpang," tambahnya.

Pendaftaran mudik kapal gratis ditutup 11 Juli mendatang. Sejak dibuka 13 Juni lalu, kata Wahid, pendaftar terus berdatangan hingga hari ini.

"Masa pelaksanaan mudik kapal gratis pada 29 Juni hingga 11 Juli," jelasnya.

Selain mudik gratis kapal, tahun ini, Dishub LLAJ Jatim menyediakan 510 armada bus untuk mudik dan balik gratis ke berbagai daerah. Jika ditotal dengan pihak swasta, maka jumlah armada bus mudik gratis sebanyak 680 bus dengan 181.000 tempat duduk. 

Sementara mudik gratis dengan kerata api,  PT KAI Daop 8 dan Pemprov Jatim menyediakan 14 perjalanan KA dengan tujuan berbagai daerah di Jawa Timur. Setiap harinya, selama musim angkutan Lebaran, ada 11.785 per hari yang disediakan, atau total 113.080 tiket selama pelaksanaan mudik dan balik gratis 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com