Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Bus Mudik Gratis dari Jakarta untuk Penjual Jamu dan Buruh

Kompas.com - 17/06/2016, 17:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Perusahaan jamu PT Sido Muncul kembali menggelar mudik gratis bagi pedagang jamu dan masyarakat berpenghasilan rendah yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya.

Pada penyeleggaraan Mudik Lebaran 2016 ini, Sido Muncul menyiapkan 350 bus.

"Selain sudah jadi tradisi perusahaan, kegiatan mudik gratis ini adalah partisipasi Sidomuncul untuk membantu pemerintah dalam hal transportasi kepada masyarakat dalam menyambut Idul Fitri," ujar Presiden Direktur PT Sido Muncul, Irwan Hidayat usai penyerahan santunan untuk 1.000 kaum dhuafa di Kabupaten Semarang, Jumat (17/6/2016) siang.

Menurut Irwan, mudik gratis tahun ini merupakan kegiatan yang ke-27 sejak pertama digelar tahun 1991 silam. Tak hanya pedagang jamu, mudik gratis juga diperuntukkan bagi masarakat umum.

"Pokoknya bagi kalangan pekerja urban, seperti pembantu rumah tangga, pengasong, buruh," ungkapnya.

Irwan mengatakan, ada lima titik pemberangkatan dalam kegiatan mudik gratis tahun 2016, di antaranya Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bandung. Sedangkan daerah tujuan peserta mudik gratis antara lain meliputi Cirebon, Semarang, Solo, Wonogiri dan Banyumas.

"Pemberangkatan pada H-5 Lebaran. Peserta mudik gratis menuju ke timur, karena akses transportasi ke timur saat lebaran yang paling sulit," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com