Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNN Lakukan Tes Urine kepada Pilot dan Awak Kabin yang Baru Mendarat

Kompas.com - 25/06/2016, 14:15 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Pemeriksaan urine secara mendadak dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) Bangka Belitung terhadap pilot dan awak kabin yang mendarat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Sabtu (25/6/2016).

Namun, karena keterbatasan waktu, khusus awak kabin pramugari tidak dilakukan cek urine. Pengambilan sampel urine dilakukan langsung  di dalam pesawat yang baru mendarat.

Kepala Bidang Pencegahan BNN Bangka Belitung, Hanopan, mengatakan. petugas hanya memiliki waktu setengah jam di dalam kabin pesawat, sebelum pesawat kembali memuat penumpang.

“Kemungkinan (lebaran) tahun depan baru semuanya dicek. Saat ini waktunya tak mencukupi. Hanya pilot dan pramugara saja,” kata Hanopan seusai pemeriksaan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang .

Menurut Hanopan, pemeriksaan urine para pilot dan awak kabin dari maskapai swasta maupun maskapai pemerintah dilakukan sebagai kesiapan transportasi udara menyambut arus mudik hingga arus balik.

Cek urine secara berkala akan dilakukan pihak BNN guna menjamin keselamatan penumpang seiring meningkatnya frekwensi transportasi khususnya bandara.

Dari hasil pemeriksaan sementara, sampel urine pilot dan awak kabin dinyatakan negatif narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com