Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Telepon Gubernur Ganjar Tanya soal Bencana di Jateng

Kompas.com - 22/06/2016, 21:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

BANYUMAS, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memantau penanganan pasca-bencana di Jawa Tengah. Wapres memantau kondisi daerah bencana dan memeriksa upaya penanganan yang dilakukan pemerintah.

"Dalam perjalanan tadi saya ditelepon Wapres tanya gimana kondisinya, ya saya jawab kondisinya," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Banyumas, Rabu (22/6/2016).

Ganjar mengaku menyampaikan informasi yang didapatnya kepada Wapres setelah maraton mengunjungi beberapa daerah terdampak bencana banjir dan longsor. Daerah yang dikunjungi antara lain Karanganyar, Solo, Surakarta, Kendal dan Purworejo.

Hari Rabu ini, giliran Kabupaten Banyumas yang dikunjungi. "Saya sudah laporkan kondisinya di beberapa tempat yang sudah dikunjungi," ujar Ganjar.

"Saya ingin meyakinkan bahwa masyarakat korban itu kita jamin, mendukung, menyiapkan makanan. Longsor di Purworejo seperti longsor Sijeruk dan longsor di Jemblung. Tanah sudah seperti lumpur," ungkapnya lagi.

Sebelumnya, Ganjar meninjau lokasi banjir di Desa Kemulyan, Kecamatan Tambak, Banyumas. Di desa itu, Ganjar memuji sikap gotong-royong warga dalam menghadapi bencana banjir di berbagai tempat di Jateng. Warga dinilai sudah mulai sadar untuk mengantisipasi risiko bencana.

Banjir yang mendera desa itu pada Sabtu (18/6/2016) lalu setidaknya menyebabkan empat rumah hanyut, lima rumah rusak berat, tiga rusak sedang dan 30 rusak ringan.

Kompas TV 3 Korban Longsor Kebumen Belum Ditemukan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com