Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Dua Jam, Nias Diguncang Gempa Sebanyak Tiga Kali

Kompas.com - 22/06/2016, 10:44 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

KOTA GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com — Selama Rabu (22/6/2016) pagi, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, diguncang gempa sebanyak tiga kali.

Gempa pertama berkekuatan 4,3 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Gunungsitoli, Sumatera Utara, pada pukul 08.37.31 WIB. Posisi gempa berada pada 1.45°LU dan 97.72°BT dengan kedalaman 10 km dan berada di 22 km timur laut Gunungsitoli dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa kedua berkekuatan 3,8 SR mengguncang pada pukul 08.41.26 WIB. Pusat gempa berada pada 1.28°LU dan 97.50°BT dengan kedalaman 30 km dan berada di 12 km barat laut Gunungsitoli dan juga tidak berpotensi tsunami.

Gempa ketiga yang lebih besar yaitu berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah Nias Barat, Sumatera Utara, pada pukul 09.42.03 WIB. Pusat gempa berada pada 0.91°LU dan 97.29°BT dengan kedalaman 24 km dan berada di 24 km barat daya Nias Barat. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun BMKG Kelas III Gunungsitoli Gandamana Matondang mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan kerusakan bangunan yang ditimbulkan gempa.

"Kami masih melakukan pemantauan. Sementara laporan kerusakan akibat gempa belum ada," ujarnya.

"Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap gempa-gempa susulan yang kemungkinan dapat terjadi setiap saat, jangan panik dan tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan. Jika ingin mendapatkan informasi yang tepat, silakan menghubungi instansi pemerintah setempat," lanjutnya.

“Hingga kini, belum ada kabar tentang kerusakan maupun korban luka-luka,” ucapnya.


(Baca juga: Saat Gempa Guncang Mentawai, Warga Berlarian ke Perbukitan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com