Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas akibat Longsor di Purworejo Menjadi 29 Orang

Kompas.com - 20/06/2016, 16:47 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

PURWOREJO, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan berhasil menemukan tujuh korban tewas akibat longsor di Desa Donorati, Kecamatan Purworejo dan Dusun Caok, Desa Karangrejo, Kecamatan Loano, Purworejo, Jawa Tengah, Senin (20/6/2016).

Dengan demikian, jumlah korban jiwa akibat longsor di Purworejo yang sudah ditemukan sampai Senin siang mencapai 29 orang tewas, 5 selamat dan 13 lainnya masih dalam pencarian.

"Hingga siang ini, pencarian di Donorati dan Caok berhasil menemukan 7 korban, yakni Desti (12), Sifa (14), Pandu (9), Setyowati (14), Miskinah (34), Rendra (8) dan Jumikin (40)," ungkap Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono.

Menurut Agus, berdasarkan pengamatan di lapangan, longsor yang terjadi di Desa Donorati pada Sabtu (18/6/2016) lalu bermula dari bukit Menoreh yang ada di atas permukiman.

Material tanah dari bukit Menoreh sempat menutupi sebuah sungai yang memisahkan bukit dengan permukiman. Namun karena banyaknya material dengan daya dorong tinggi, longsor pun tak terelakan dan menghantam rumah yang ada di seberang sungai.

"Material diperkirakan mencapai kedalaman 10 meter, tanah berlumpur ini cukup sulit dipindahkan, kita harus pakai 5 unit alkon (penyemprot) air," kata Agus.

Kompas TV Korban Tewas Longsor Purworejo Hingga 46 Orang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com