Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mereka yang Memilik Mudik Lebih Awal dari pada Harus Berdesakan

Kompas.com - 17/06/2016, 15:30 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS. com – Ratusan pemudik mulai berdatangan di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Mereka datang dari Kalimantan dan Malaysia dengan menggunakan KM Catleya , KM Aditya, dan KM SWarna Bahtera,

“Hari ini kedatangan penumpang lebih meningkat dari hari biasanya, peningkatanya sekira naik 1 persen dari hari biasanya, “ Jelas Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan (KSOP) Kota Parepare, Stanislaus Wembley Wetik. Jumat (17/6/2016).

Para pemudik yang didominasi oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ini mengungkapkan, mereka memilih pulang lebih awal, dari pada berdesakan saat musim mudik mendatang.

“Kalau kita telat, seminggu jelang Lebaran kita pulang, kita akan berdesakan di atas kapal, dan rasanya sesak, seperti yang saya rasakan tahun lalu,“ ucap Esse, seorang TKI asal Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Sementara Ridwan, TKI asal Pinrang, Sulsel mengatakan, memilih meminta cuti lebih awal di perkebunan kelapa sawit di Sabah, Malaysia, untuk mudik lebih awal ke Kampung halaman, karena takut kehabisan tiket kapal laut.

“Tahun lalu saya tidak jadi pulang kampung di Pinrang, karena kahabisan tiket kapal laut, akibat telat memesan, “ kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com