Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Mahasiswa Tertipu SMS Berhadiah Rp 10 Juta

Kompas.com - 16/06/2016, 22:32 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR,KOMPAS.com - Meski sudah banyak warga yang menjadi korban penipuan berkedok SMS undian berhadiah, tapi masih saja ada warga yang percaya. Kali ini menimpa Chandra (25), mahasiswa salah satu perguruan tinggi swasta tinggal di Kecamatan Siantar Barat, Pematangsiantar.

Berkhayal mendapat hadiah uang kontan Rp 10 juta dari undian Telkomselmania lewat pesan SMS yang dikirim ke nomor telepon selulernya, Chandra malah kehilangan Rp 10 juta.

Saat membuat laporan di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pematangsiantar, Kamis (16/6/2016) siang, Chandra menerangkan kepada petugas piket jaga bahwa, awalnya Rabu (15/6/2016) lalu ada pesan SMS masuk ke nomor telepon selulernya yang dikirim satu nomor yang tidak tercatat di telepon selulernya.

Dalam pesan SMS yang dikirim lewat nama dari Telkomselmania itu, Chandra disebutkan sebagai salah satu pemenang undian hadiah uang Rp 10 juta. Begitu menerima pesan SMS mendapatkan hadiah uang Rp 10 juta, hati Chandra langsung berbunga-bunga.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan hadiah undian uang Rp 10 juta, Chandra juga diminta mengikuti prosedur serta diminta supaya mengirimkan dana sebagai biaya administrasi agar hadiah uang Rp 10 juta cepat dikirim kepada Chandra.

Tanpa berpikir panjang, Chandra langsung pergi menuju Bank BNI untuk mengirimkan uang biaya administrasi karena setelah itu uang akan dicairkan ke nomor rekening ATM miliknya. Tapi permintaan Chandra ditolak karena saldo rekeningnya hanya tinggal Rp 64.000 lagi.

Belakangan Chandra memberanikan diri meminjam kartu ATM milik orang tuanya yang kebetulan ada sisa saldo sebesar Rp 21 juta lagi. Waktu itu ibunya sempat mengingatkan Chandra agar tidak mudah percaya. Tapi Chandra tetap saja ngotot dan masih percaya dengan undian hadiah uang Rp 10 juta.

Hari itu juga Chandra pergi menuju Bank BNI untuk mengirimkan biaya administrasi sambil menunggu undian hadiah uang Rp 10 juta masuk ke nomor rekening ATM. Habis menggesek nomor rekening ATM miliknya, Chandra bukannya mendapat undian hadiah uang Rp 10 juta. Malahan uang Rp 10 juta dari dalam nomor ATM milik ibunya habis dikuras.

Sadar telah kena tipu, Chandra memberitahukan kepada orang tuanya. Chandra pun disarankan mengadu kepada pihak yang berwajib.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Dodi Darjanto mengimbau kepada warga agar tidak mudah percaya dengan pesan SMS undian hadiah mendapatkan uang dan mobil yang dikirim oleh nomor dan orang yang tidak jelas.

"Kalau dapat pesan SMS undiah hadiah uang dan mobil, abaikan saja dan jangan percaya. Itu bentuk penipuan karena sudah banyak warga jadi korbannya. Tadi memang korban melapor karena jadi korban penipuan sampai menderita kerugian Rp 10 juta," ujar Dodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com