Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Jember Siapkan Rp 2,8 Triliun Uang Baru untuk Lima Kabupaten

Kompas.com - 16/06/2016, 19:17 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jember, Jawa Timur, menyiapkan uang pecahan baru sebanyak Rp 2,8 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 1437 Hijriah.

Deputi Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern Bank Indonesia Jember, Feri Tumpal Dolo Saribu, mengatakan bahwa jumlah uang baru untuk Ramadhan tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu.

"Tahun 2015 lalu, kita siapkan Rp 2,3 triliun. Jadi ada kenaikan sekitar 22 persen," kata Feri, Kamis (16/6/2016).

Uang pecahan baru ini akan disebar ke lima kabupaten sesuai dengan wilayah kerja BI Jember. Selain di Jember, uang didistribusikan ke Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Lumajang.

Untuk penukarannya, masyarakat bisa mendatangi bank-bank umum.

"Khusus untuk di Jember, kami akan melakukan penukaran keliling dengan menggunakan mobil sesuai dengan jadwal pasar murah yang digelar Pemkab Jember. Rencanya kita akan mulai tanggal 20-30 Juni," kata dia.

Dia berharap, dengan penambahan jumlah uang pecahan baru tersebut, masyarakat bisa terlayani dengan baik, terutama di wilayah pedesaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com