Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkutan Lebaran, Daop VI Yogyakarta Siapkan 16 Kereta Tambahan

Kompas.com - 16/06/2016, 18:44 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Hendy Helmy mengatakan, pihaknya menyiapkan 16 kereta tambahan untuk setiap harinya guna mengantisipasi lonjakan penumpang kereta api pada arus mudik dan balik tahun 2016 ini.

"Sudah kita luncurkan, ada Sancaka, Lodaya, Gajayana, Tasaka dan Dwipangga. Total 16 tambahan per hari," kata Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Hendy Helmy saat ditemui Kompas.com di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, Rabu (17/06/2016) malam.

"Tiket sudah habis semua, kecuali yang kembali. Kalau yang kembali sampai tanggal 17 Juli masih ada," tambahnya.

Hendy mengatakan, tahun ini jumlah penumpang kereta pada diperkirakan naik 7 persen hinggga 10 persen dibandingkan tahun lalu.

"Perkiraan kita sampai 605.000 penumpang. Sebelumnya 554.000," ucapnya.

Menurut dia, meningkatnya jumlah pengguna kereta api ini tidak lain karena adanya tambahan, fasilitas, sarana dan peningkatan pelayanan.

Helmy menyampaikan, puncak kedatangan penumpang ke Stasiun di Yogyakarta akan terjadi pada H -3 Hari Raya Lebaran. Diperkirakan penumpang yang datang akan mencapai 34.000.

Ia menyebutkan, Daop VI Yogyakarta jauh-jauh hari juga telah melakukan persiapan, baik melakukan pengecekan jalur, kereta api sampai dengan fasilitas yang ada. Semuanya dalam keadaan baik dan siap memberikan pelayanan terbaik untuk angkutan Lebaran.

Pihaknya juga akan meningkatakn keamanan di stasiun dan kereta api, demi memberikan kenyamanan penumpang.

"Jelas akan kita tingkatkan. Dari Brimob, ada 500 personil untuk membantu kemanan selama mudik dan arus balik," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com