Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging di Meulaboh Melejit hingga Rp 170.000 Per Kilogram

Kompas.com - 04/06/2016, 10:22 WIB
Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com — Harga daging sapi dan kerbau di pasar dadakan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, melonjak naik hingga Rp 170.000 per kilogram.

Hal itu tak memengaruhi warga untuk merayakan tradisi hari meugang (makan daging bersama) menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Eprianda, pedagang daging, mengatakan bahwa harga daging sapi di sana terus mengalami kenaikan.

Para pedagang memanfaatkan hal ini dengan berjualan dengan membuat lapak dadakan, antara lain di Jalan Daut Dariyah.

"Harga daging hari ini Rp 170.000 dan harga ini bisa jadi akan naik lagi Rp 10.000," kata dia kepada wartawan, Sabtu, (4/6/2016).

Menurut Eprianda, kenaikan harga daging pada hari meugang kali ini akibat tingginya harga sapi dan kerbau lokal di Aceh Barat. Para pedagang terpaksa menjual dengan harga mahal.

"Harga jual daging mahal kali ini karena harga beli kami beli tinggi karena sapi dan kerbau lokal yang kita sembelih tidak ada yang impor," kata dia.

Kenaikan harga daging jelang bulan puasa itu sudah terjadi setiap tahun. Bagi warga setempat, hari meugang sudah menjadi kewajiban dan warga membeli daging serta makan bersama keluarga sebelum menunaikan ibadah puasa.

"Walau harga mahal tetap harus beli daging, tidak banyak sedikit harus beli yang penting keluarga hari ini bisa makan daging," kata Edi, salah satu warga pembeli.

Pada hari-hari biasa, daging sapi di pasar Meulaboh dijual dengan harga Rp 110.000 per kilogram. Harga naik setiap kali ada perayaan hari meugang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com