Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya yang Ditangkap Warga di Sawah Akhirnya Dilepaskan

Kompas.com - 24/05/2016, 21:11 WIB
Andi Hartik

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur akhirnya melepas buaya muara atau corocodilus porosus yang ditangkap warga di tengah sawah beberapa waktu lalu.

"Terkait buaya muara yang masuk ke sawah telah dilakukan koordinasi intern dengan desa dan telah dilakukan pelepasan kembali buaya dimaksud ke habitatnya," kata Kepala BKSDA Jawa Timur, Ayu Dewi Utari, Selasa (24/5/2016) melalui pesan pendeknya kepada Kompas.com.

Ayu menyebutkan, pelepasan buaya itu dilakukan pada Senin (23/5/2016) sekitar pukul 12.00 WIB. Buaya dilepaskan melalui Sungai Cadas yang merupakan anak Sungai Brantas untuk kembali ke habitat asalnya.

"Pelepasan dilaksanakan oleh masyarakat dengan disaksikan oleh petugas BKSDA, Kapolsek dan Kades setempat," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga di Desa Carat, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dihebohkan dengan buaya yang ditemukan di tengah sawah pinggir Kali Sadar, Jumat (20/5/2016).

Awalnya, buaya itu ditemukan oleh Bamian dan Alan yang hendak mencari ikan. Melihat ada buaya, ia lantas berusaha menangkap buaya tersebut. Usai ditangkap, buaya sepanjang dua meter itu lantas dibawa ke sebuah gudang.

Di sana buaya itu menjadi tontonan ratusan warga setempat. Warga baik anak-anak dan dewasa hilir mudik melihat buaya yang baru ditangkap tersebut.( baca: Heboh, Warga Pasuruan Temukan Buaya di Sawah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com