Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pendaki yang Hilang di Semeru Ditemukan dalam Kondisi Selamat

Kompas.com - 24/05/2016, 18:41 WIB
Kompas TV 2 Pendaki Hilang di Gunung Sumeru

PASURUAN, KOMPAS.com - Dua pendaki asal Kabupaten Cirebon, Selasa (25/5/2016), ditemukan dalam kondisi selamat setelah hilang selama empat hari di Gunung Semeru, Jawa Timur.

"Alhmdllh, 16.05 WIB survivor sudah ditemukan oleh sru pos sar jember di bukit dekat air terjun boto. Untuk kondisinya sehat bisa berjalan. Kira2 butuh perjalanan 4-6 jam untuk sampai ke posko tawon songo," bunyi pesan pada akun Twitter @possarjember milik tim SAR Jember, Jatim, sekitar pukul 17.00 WIB.

Akun Twitter Gubernur Jatim Soekarwo juga memastikan kabar serupa. "Alhamdulillah berkat doa semua warga Jatim, dua pendaki yang tersesat di Gunung Semeru ditemukan Tim @bpbd_jatim dan Sar.*Pakde Karwo*," sebut akun ‏@pakdekarwo1950.

Dua pendaki bernama Supriyadi (26) dan Zirli Gita Ayu Savitri (16) itu mendaki Gunung Semeru sejak Senin (17/5/2016).

(Baca Dua Pendaki asal Cirebon Hilang di Gunung Semeru, Pendakian Ditutup )

Pada hari itu, mereka mendaki Semeru dari jalur pendakian Ranupani menuju Ranu Kumbolo bersama empat pendaki lain, yakni Sukron (ketua rombongan), Ahmad Khaerudin, Lindianasari, dan Rizatul Rizki.

Sehari setelah keberangkatan itu, rombongan menuju ke Kalimati. Pada 19 Mei, rombongan berangkat dari Kalimati menuju Puncak Semeru, Mahameru. Dua orang dari rombongan berhenti di Watugedhe karena ada yang sakit. Supriyadi dan Zirli melanjutkan perjalanan ke Mahameru.

Sukron dan satu orang lain sudah menunggu turunnya Supriyadi dan Zirli Gita Ayu Savitri di Watugedhe mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Namun, karena tidak juga muncul, mereka memutuskan turun dan menunggu di Kalimati.

Sehari kemudian, Jumat (20/5/2016) keduanya dinyatakan menghilang. Selama empat hari pencarian oleh tim gabungan, mereka akhirnya ditemukan selamat. (Aflahul Abidin/Surya)

Artikel ini telah tayang di Surya Malang dengan judul "BREAKING NEWS - Dua Pendaki Asal Cirebon yang Hilang di Gunung Semeru Ditemukan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com