Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo IV Makassar Bangun Pelabuhan Kargo Tengah Laut Senilai Rp 1,8 Triliun

Kompas.com - 23/05/2016, 11:53 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com – PT Pelindo IV Makassar tengah membangun pelabuhan kargo di tengah laut senilai Rp 1,8 triliun. Pembangunan pelabuhan kargo tersebut dilakukan dengan reklamasi pesisir Pantai Losari.

Nantinya, pelabuhan kargo di tengah laut itu akan dibuatkan jalan tol laut sepanjang 2 kilometer langsung menyambung dengan terminal kereta api yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Perhubungan Darat.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelindo IV, Susantono kepada wartawan, Senin (23/5/2016) mengatakan, proyek pembangunan pelabuhan kargo tengah laut itu sudah dilengkapi izin dari pemerintah pusat. Termasuk juga izin reklamasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Proyek ini tidak akan jalan jika tidak ada izin dari pemerintah pusat. Apalagi sekarang soal reklamasi, banyak dipermasalahkan," jelasnya.

Proyek MNP ini menelan anggaran Rp 1,8 triliun dengan dibagi dalam beberapa paket. Proyek paket A sudah dikerjakan dan melampaui target yang ditetapkan sebesari 25 persen.

"Sekarang pengejaran proyek A sudah 27,01 persen dan anggaran yang terbayarkan baru 15,2 persen dari total anggaran proyek paket A senilai Rp 326 miliar," tandas Susantono.

"Pengerjaan proyek paket A, yaitu dermaga sepanjang 320 meter, reklamasi seluas kurang lebih 3 hektar dan akses jalan sepanjang kurang lebih 100 meter," lanjut dia.

Susantono menjelaskan, pihaknya akan melanjutkan proyek paket B dan paket C pada bulan Agustus 2016 mendatang.

Untuk proyek paket B dan paket C masing-masing pagu anggaran ditetapkan Rp 1,055 triliun dan Rp 228 miliar.

"Untuk paket B kegiatannya meliputi reklamasi seluas kurang lebih 13 hektar, causeway kurang lebih 1.276 meter, lapangan kontainer kurang lebih 16 hektar dan pengerukan kolam pelabuhan minimal draft -16,0 mLWS," jelasnya.

Sedangkan untuk paket C, lanjut Susantono, berupa pembangunan breakwater sepanjang 1.310 meter. Proyek ini sengaja dibangun secara paket agar dapat dilakukan serentak sehingga penyelesaiannya lebih cepat dan dilakukan secara terus-menerus.

Kepala Satuan Pengelola Proyek Makassar New Port, Arwin menambahkan, proyek MNP ditargetkan selesai secara keseluruhan pada triwulan II tahun 2018.

Konsesi MNP dengan Kemenhub berlaku selama 70 tahun dengan persentase yang harus dibayarkan ke negara sebesar 2,5 persen per tahun.

“Memasuki triwulan III/2018, direncanakan soft launching dan pengoperasian MNP,” tambah Arwin.

Pengerjaan proyek MNP sudah berlangsung selama setahun sejak sejak dilakukan ground breaking oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Mei 2015 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com