Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebarkan Kunci Jawaban UN, 3 Pelajar SMP Diamankan Tentara

Kompas.com - 12/05/2016, 20:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Tiga pelajar di Kota Medan diamankan personel Danramil 04 Medan Kota karena kedapatan mengedarkan kunci jawaban ujian nasional tingkat SMP.

Ketiga pelajar SMP Negeri I Medan itu berinisial AR (15), warga Jalan Tapianauli, Perumahan Torganda, Sunggal; RS (15), warga Jalan Sunggal; dan TF (15), warga Jalan Parang 2, Medan Johor, Kota Medan.

Mereka tertangkap tangan sedang menyebarkan kunci jawaban ujian nasional (UN) di salah satu restoran cepat saji di Jalan Ringroad-Gagak Hitam, Sunggal, Kota Medan, Kamis (12/5/2016). 

Danramil 04 Medan Kota Mayor Kav Setia Budi melalui Serma Yudo BS mengatakan, ketiga pelajar tersebut diamankan bersama tujuh temannya yang merupakan siswa SMP Negeri I Medan. Namun, ketujuhnya berhasil kabur.

"AR bertugas membagi-bagikan kunci jawaban kepada teman-temannya. Mereka berkumpul di restoran itu. Kami amankan sebelum ujian berlangsung. Dia mengaku membeli kunci jawaban dari Iskandar Zulakrnain, mahasiswa di UMSU," kata Yudo.

"Saat ditangkap, penjual kunci kabur dengan menggunakan mobil Toyota Avanza. Iskandar adalah alumnus SMP Negeri I Medan yang saat ini kuliah di UMSU. Kami sedang mengejarnya. Untuk ketiga pelajar, kami akan panggil orangtuanya," ujarnya.

Sementara itu, AR mengaku memesan kunci jawaban UN dari Iskandar Zulkarnain seharga Rp 2 juta untuk 14 orang. Dia mengenal Iskandar karena sama-sama alumnus pramuka di SMP Negeri I Medan.

"Dia yang nawari kunci jawaban itu, harganya Rp 2 juta. Kukasih Rp 500.000, tetapi Iskandar enggak mau karena uangnya kurang. Uang Rp 500.000 itu kukumpulin dari kawan-kawan. Karena kunci jawaban enggak dikasih Si Iskandar, aku jadinya minta sama Si AA, anak SMP Negeri I juga," kata AR.

AR mengaku tidak mengetahui dari mana AA mendapat kunci jawaban tersebut. AA membagikannya lewat layanan Line.

"Aku fotokopi jawaban itu dan kusebar ke kawan-kawan. Aku jual ke kawan-kawan Rp 100.000," ujar AR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com