Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2018, Gubernur Babel Targetkan Semua Sekolah Bisa Gelar UN Berbasis Komputer

Kompas.com - 09/05/2016, 15:08 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, baru 10 sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, Senin (9/5/2016). Pemerintah provinsi menargetkan seluruh sekolah sudah dilengkapi fasilitas yang memadai agar bisa melaksanakan UNBK pada tahun 2018.

Sebanyak 20.314 siswa dari 214 SMP se-Provinsi Bangka Belitung, mengikuti pelaksanaan ujian nasional hari pertama.

Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi dan Wali Kota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah meninjau langsung pelaksanaan ujian di sejumlah sekolah.

Dari peninjauan di lapangan, pelaksanaan ujian nasional dipastikan berjalan lancar. Panitia ujian mengklaim, siswa dalam kondisi siap melaksanakan ujian karena sudah dilakukan try-out beberapa hari sebelumnya.

Terkait fasilitas sekolah yang belum merata untuk pelaksanaan UNBK, pemerintah provinsi akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota untuk mengalokasikan anggaran pengadaan komputer hingga tahun 2018.

“Ada banyak keuntungan dengan sistem komputer ini. Karena itu pemerintah daerah akan mengalokasikan pengadaan fasilitas UNBK ini pada tim anggaran sampai tahun 2018,” ujar Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi.

Selama pelaksanaan Ujian Nasional siswa diminta untuk membatasi kegiatan di luar kepentingan akademik. Hal ini dilakukan agar siswa mengikuti ujian dengan konsentrasi penuh dan tepat waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com