Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hendak Gelar Pesta Ultah dengan Narkoba di Bali, Pria Asal Singapura Diamankan

Kompas.com - 27/04/2016, 15:54 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Muhammad Nih Bin Abdul Salam (33) diamankan petugas Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai karena kedapatan membawa narkotika jenis ekstasi atau MDMA serta jenis LSD.

Narkoba akan digunakan untuk pesta ulang tahunnya yang berlangsung pada tanggal 29 April mendatang.

"Sedianya barang tersebut akan dipakai saat pesta pada saat ulang tahunnya. Menurut pengakuannya, barang tersebut didapat di Malaysia," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai, Budi Harjanto, Rabu (27/4/2016).

Tersangka yang mengaku sebagai pengurus kafe ini terbang dari Malaysia menuju Denpasar Bali menggunakan Air Asia dengan nomor penerbangan Ak 376 dan tiba di Bali tanggal 26 April 2016.

"Modus operandinya, disembunyikan di dalam tas toiletries. Dia.masuk di jalur hijau yang artinya barang bawaannya clear, tapi ternyata setelah diperiksa membawa barang tersebut," tambahnya.

Budi Harjanto juga menjelaskan bahwa sebelumnya dia memutuskan jalur hijau yang tidak diperiksa, ternyata petugas sudah mengincar terlebih dahulu menggunakan anjing pelacak sebelum tasnya diambil pemilik.

Setelah dilakukan rilis oleh bea dan cukai, tersangka langsung diserahkan ke Polda Bali untuk ditindaklanjuti proses hukum. Tersangka diduga pasal 113 ayat(1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dan ancamannya 5 sampai 15 tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com