Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debit Air Tinggi, Waduk Saguling Siaga Satu

Kompas.com - 27/04/2016, 14:56 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi membuat debit air di Waduk Saguling mulai meningkat. Dengan kondisi tersebut pihak Indonesia Power (IP) Unit Pembangkit Saguling menetapkan status siaga satu.

General Manager PT Indonesia Power Unit Pembangkit Saguling Hendres Wayen mengatakan, penetapan status berdasar pada ketinggian air yang sudah mencapai batas normal yakni 643 meter di atas permukaan laut.

"Rabu 20 April 2016 kemarin air limpas dengan elevasi 643,00 meter di atas permukaan laut. Terjadi empat hari sampai Sabtu, 23 April 2016," kata Hendres saat dihubungi, Rabu (27/4/2016).

Hendres menjelaskan, mengingat curah hujan masih tinggi, status siaga tersebut hingga saat ini belum dicabut. Menurut dia, volume air waduk kemungkinan besar terus meninggi.

"Status siaga satu belum dicabut walaupun sekarang elevasinya di 642,95 meter di atas permukaan laut. Normalnya memang elevasi di bawah 643 meter di atas permukaan laut. Tapi masih ada potensi melimpas," tuturnya.

Hendres memaparkan, ada dua faktor yang menjadi penyebab kenaikan air di bendungan Waduk Saguling. Faktor yang pertama adalah curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Bandung.

"Faktor lainnya adalah banyaknya okupasi sepadan waduk Saguling dan penyempitan penampang basah waduk," tuturnya.

Dia khawatir, tingginya air di Waduk Saguling akan menambah beban bendungan. Jika hal tersebut terjadi, maka beban selanjutnya akan ditampung Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur yang posisinya berada di bawah Waduk Saguling.

"Skenario terburuk, apabila air di Waduk Jatiluhur yang posisinya paling bawah sudah tidak bisa tertampung lagi, maka Karawang, Bekasi dan sebagian Jakarta bisa terendam air," kata Hendres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com