Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Rumah Sakit, Warga Maluku Barat Daya Pilih Berobat ke Timor Leste

Kompas.com - 26/04/2016, 17:07 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Barnabas Orno mengakui banyak warganya yang sakit memilih berobat ke Timor Leste dari pada ke Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku.

“Memang ada banyak warga MBD yang lebih memilih berobat ke Timor Leste saat mereka sakit, itu sudah biasa dilakukan,” ungkap Orno kepada waratwan di Kantor Gubernur Maluku, Selasa (26/4/2016).

Dia mengaku selain kurangnya fasilitas kesehatan yang memadai di sejumlah pulau di kabupaten itu, warga lebih memilih berobat ke Timor Leste juga karena jaraknya yang relatif lebih dekat untuk dijangkau.

“Memang selain karena minimnya fasilitas kesehatan warga kesana (Timor Leste) juga karena dekat,” jelasnya.

Warga sejumlah pulau terluar di MBD kerap memilih berobat ke bekas provinsi Indonesia itu ketimbang ke Kota Ambon  karena jaraknya lebih jauh dibandingkan ke Timor Leste.

Barnabas mengatakan, pihaknya telah mengusulkan ke pemerintah untuk dibangun sebuah rumah sakit di wilayah terluar di kabupaten tersebut.

”Kami sudah usulkan ke pemerintah pusat untuk membangun rumah sakit di sana,”katanya.

Senada, Ketua DPRD MBD Chao Petrus menyebutkan, banyaknya warga yang memilih berobat ke Timor Leste lantaran mereka merasakan nyaman. ”Karena ada hubungan emosional juga sehingga warga lebih memilih berobat ke Timor Leste,” sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com