Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bromo Keluarkan Abu Vulkanik, Bandara Malang Ditutup hingga Senin Pagi

Kompas.com - 10/04/2016, 16:02 WIB

MALANG, KOMPAS.com — Aktivitas Gunung Bromo yang mengeluarkan abu vulkanik menyebabkan Bandara Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, ditutup pada Minggu (10/4/2016) sekitar pukul 13.30 WIB. Penutupan akan berlangsung hingga Senin pagi besok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Abdulrachman Saleh, Suharno, mengatakan, akibat penutupan itu, empat jadwal penerbangan setelah pukul 13.30 WIB dibatalkan. Penerbangan yang batal itu masing-masing tiga tujuan Jakarta dan satu tujuan Denpasar, Bali.

Adapun ima penerbangan lain tak terganggu karena sudah berangkat sebelum notice to airmen (notam) sampai ke pihak bandara.

"Penutupan sampai besok (Senin) pukul 09.00 WIB," kata Suharno seperti dikutip Surya Online, Minggu.

Menurut dia, ada tiga maskapai yang terdampak, yakni Batik Air, Sriwijaya, dan Wing Air. Masing-masing maskapai mempunyai solusi tersendiri kepada pelanggan.

Batik dan Sriwijaya, misalnya, memindahkan penerbangan ke Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo dan membawa calon penumpang dengan menggunakan bus. "Sementara (penerbangan) Wings Air dibatalkan," kata dia.

Catatan Kompas.com, bandara tersebut juga pernah ditutup sementara akibat abu vulkanik dari Gunung Bromo pada Desember 2015 dan Januari 2016. (Aflahul Abidin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com