Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datangi Wakil Wali Kota, Sopir Angkot Curhat Soal Izin Trayek Ilegal

Kompas.com - 30/03/2016, 15:34 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Puluhan sopir angkutan umum (angkot) dari sejumlah rute di Ambon mendatangi ruang kerja Wakil Wali Kota Ambon, Rabu (30/3/2016). Mereka mengeluhkan banyaknya angkot di Ambon saat ini yang beroperasi dengan izin trayek ilegal.

“Kami punya data ada sekitar 50-100 angkot yang beroperasi dengan izin trayek illegal,” kata Roy Hahua, koordinator sopir angkot terminal A Mardika, saat menyampaikan keluhannya kepada Wakil Wali Kota Ambon, M.A.S Latuconsina di ruang kerjanya.

Para sopir ini mengeluh lantaran semakin hari jumlah angkot yang beroperasi di Ambon semakin banyak. Ironisnya, banyak dari angkot baru yang beroperasi itu tidak memiliki izin trayek resmi.

“Kami minta Pemot Ambon berkoordinasi dengan instansi terkait dan aparat kepolsian untuk melakukan swiping terhadap angkot-angkot yang beroperasi tanpa memiliki izin rayek selama ini. Kami punya data itu semua ada lima angkot beroperasi dengan satu izin trayek dan ada juga yang memakai izin trayek ilegal,” ungkap Roy.

Para sopir ini juga mengeluh lantaran meski setiap hari menyetor uang parkir sebesar Rp 6.000 namun mereka tidak dapat memanfaatkan terminal secara maksimal. Pasalnya, kata para sopir, setiap sore harinya para pedagang telah berjualan di dalam terminal.

“Kami minta masalah ini dibereskan. Dan kami tegaskan tidak akan memberikan lagi retribusi jika masalah ini tidak diselesaikan,” kata sopir lainnya, Yongky Tehutora,

Sementara itu, Latuconsina berjanji akan akan mengevaluasi sejumlah kebijakan yang selama ini diberlakukan. Khusus untuk izin trayek angkot ilegal, dia menegaskan dalam waktu seminggu pihaknya akan menyelesaikan masalah tersebut.

“Saya janji dalam satu minggu masalah izin trayek ini kami tuntaskan. Nanti kalian bantu kami kita akan sikat mereka para mafia transportasi ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, dia lantas meminta Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon untuk mengumpulkan semua pengusaha angkot untuk membahas masalah tersebut. Dia juga berjanji akan mendatangi langsung pengusaha angkot yang disinyalir memiliki izin trayek tidak resmi.

“Masalah ini akan saya tangani langsung dan saya akan turun di lapangan, besok kita akan rapat dengan seluruh pengusaha angkot. Jadi percayakan kepada kami, saya juga berterima kasih saudara-saudara mau membantu kami. Jadi sekali lagi saya tegaskan kalau masalah ini tidak beres, kepala dinas akan saya copot,” tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com