Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Dilarang "Selfie" di Badan Jembatan Kapuas Tayan

Kompas.com - 22/03/2016, 20:15 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

TAYAN, KOMPAS.com - Jembatan Kapuas Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, telah resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, Selasa (22/3/2016). Pemerintah setempat berpesan agar tidak ada aksi corat-coret atas jembatan itu. Warga juga diimbau tidak berfoto selfie di badan jembatan.

Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jembatan Tayan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Yudha Handita mengimbau masyarakat diharapkan untuk ikut menjaga dan merawat jembatan tersebut.

"Masyarakat diharapkan tidak melakukan vandalisme dengan mencoret jembatan atau melakukan hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu fungsi jembatan," kata Yudha, Selasa (22/3/2016).

Selain itu, warga diminta tidak memotret dari badan jembatan karena hal itu sangat berbahaya.

Menurut Yudha, sebagian besar kendaraan yang melintas di jembatan itu adalah kendaraan besar jenis truk industri dan melaju dengan kecepatan tinggi.

"Masyarakat tetap bisa berfoto di jembatan itu, tetapi dari sisi luar (trotoar) jembatan," kata Yudha.

Imbauan ini disampaikan karena sebelum jembatan itu diresmikan, masyarakat dari berbagai daerah datang untuk berfoto selfie dengan latar belakang jembatan tersebut.

"Kita sampai punya petugas khusus untuk mengingatkan masyarakat agar tidak berfoto-foto atau selfie di atas jembatan. Tapi, ya itu, ketika tidak ada petugas, mereka kembali lagi, jadi main kucing-kucingan," kata Yudha.

Jembatan yang dibangun dengan biaua Rp 1,028 triliun itu diharapkan dapat meningkatkan aktivitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Jembatan yang dibangun sejak 2012 itu menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com