Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbakar, KM Bintang Surga Tenggelam di Perairan Buton

Kompas.com - 11/03/2016, 20:10 WIB
Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Sebuah kapal motor (KM) Bintang Surga yang bertolak dari Wanci, Kabupaten Wakatobi menuju Lasalimu, Buton, Jumat (11/3/2016) terbakar hingga tenggelam di perairan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Lima orang Anak buah kapal (ABK) dan tujuh orang penumpang dilaporkan selamat dalam insiden tersebut.

Kepala bidang hubungan masyarakat (Kabid Humas) polda Sultra, AKBP Soenarto yang dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu.

Menurut dia, kejadian itu berawal saat dalam perjalanan tiba-tiba ada percikan api yang bersumber dari knalpot mesin kapal, hingga dinding kapal terbakar dan akhirnya tenggelam.

"Kapal berangkat dari Pelabuhan Wanci, Wakatobi sekitar pukul 13.30 Wita menuju Pelabuhan Lasalimu Pantai. Sekitar pukul 15.30 Wita ada percikan api dalam kapal dan menjalar ke seluruh badan kapal," ungkap Soenarto dihubungi, Jumat (11/3/2016) malam.

Soenarto mengatakan, belum bisa menaksir berapa kerugian dari peristiwa tersebut.

"Yang kita lakukan menolong ABK dan penumpang dengan melibatkan anggota polsek dan berkoordinasi dengan BPBD Buton, selanjutnya meminta keterangan ABK dan penumpang," ujarnya.

Selain itu, sebut dia, polisi juga akan melakukan pengecekan dokumen kapal dan izin angkutan kapal.

Sementara itu, kepala seksi operasi kantor SAR Kendari, Basrano menjelaskan, setelah menerima laporan kecelakaan laut langsung menurunkan 15 personil SAR Wakatobi dan Baubau. Seluruh ABK dan penumpang berhasil dievakuasi dari kapal terbakar itu.

"Lokasi kebakarannya sekitar 3 mil dari pelabuhan Lasalimu, sehingga bantuan evakuasi bisa cepat dilakukan. Proses evakuasi berakhir sekitar pukul 17.10 wita," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com