Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rayhan, Penggemar Messi yang Bakal Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Kompas.com - 03/03/2016, 06:30 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Seorang remaja asal Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, lolos dalam seleksi untuk mengikuti Turnamen Sepak Bola Internasional Dana Cup di Swedia dan Gothia Cup di Denmark pada bulan Juli mendatang.

Mohamad Rayhan Qalbu, remaja 14 tahun asal Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Kota Utara, tersebut berhasil lolos seleksi sepak bola usia 14 tahun tersebut yang digelar di Malang pada pertengahan Februari 2016 lalu dan masuk 300 besar pemain yang akan mewakili Indonesia.

Kedua orangtua Rayhan, Lutfiah Mangun dan Ridwan, mengatakan, sebelum masuk seleksi, selama dua tahun terakhir Rayhan terdaftar dan masuk sekolah sepak bola usia dini Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) binaan Aji Santoso di Malang.

Menurut Lutfiah, pada pertengahan Februari 2016, Rayhan mengikuti seleksi di tiga tim untuk kategori 14 tahun tim 2001, tim 2002 dan tim 2003. Rayhan yang masuk di Tim 2002 berhasil lolos seleksi dan akan bergabung dengan 300 peserta.

"Saat ini, Rayhan Qalbu masih berada di Malang untuk mengikuti proses pendidikan selanjutnya di Sekolah Akademi Sepakbola Asipa. Rayhan sendiri rencananya akan kembali ke kampung halamannya, Poso, sebelum bertolak ke negara Denmark dan Swedia," tutur Lutfiah di rumahnya, Rabu (2/3/2016).

Lutfiah menuturkan, Rayhan yang nge-fans berat dengan Lionel Messi merupakan satu-satunya anak perwakilan asal Sulawesi Tengah yang bakal berlaga dalam seleksi turnamen sepak bola di Denmark dan Swedia.

Dia berharap, Rayhan bisa membawa harum nama Indonesia dan Sulawesi Tengah, khususnya Poso. Lutfiah juga berharap ada perhatian dari Pemerintah Daerah setempat.

"Anak saya ini kalau di Malang dipanggil Poso dan bukan Rayhan. Dia lebih akrab disapa nama Poso. Dia cukup berprestasi. Saya hanya ingin dukungan dari pemerintah dan doa restu dari seluruh warga Poso juga karena tentunya apa yang dia raih akan menjadi keberhasilan juga bagi daerah kita,” harapnya.

Gothia Cup merupakan turnamen sepak bola usia muda paling besar dalam skala internasional yang diikuti oleh sekitar 1.600 team dari 80 negara, termasuk Indonesia, setiap tahunnya. Tahun ini, turnamen akan digelar di kota Gotheborg, Swedia.

Sementara itu, Dana Cup merupakan turnamen Internasional yang dilaksanakan setiap tanggal 25-30 Juli setiap tahun di Hjorring, Denmark. Dana Cup selalu diikuti klub-klub besar dunia seperti Sao Paulo Brazil, Chivas Mexico, Cruz Azul Mexico, dan Ipwich Town England.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com