Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKSDA NTT Tangkap Buaya Muara yang Meresahkan Warga Pesisir

Kompas.com - 01/03/2016, 15:07 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com -Tim dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil mengamankan seekor buaya muara di pesisir pantai Teluk Kupang.

Kepala Bidang Teknis BKSDA NTT, Maman Surahman, Selasa (1/3/2016) mengatakan, buaya tersebut sering muncul dan menganggu warga sekitar. Warga pun mengadu ke BKSDA.

"Buaya muara yang kita tangkap ini berukuran dua meter. Kita dapat laporan warga dari tiga hari yang lalu, dan tadi malam sekitar jam 12 malam, tim berhasil melumpuhkan buaya muara itu," kata Maman.

Buaya tersebut, lanjut Maman, ditangkap setelah tim BKSDA langsung turun menyisir ke bagian muara Sumlili, Kabupaten Kupang.

Maman menduga, masih banyak buaya muara yang berkeliaran di sekitar pantai teluk kupang.

Masyarakat pada umumnya diimbau untuk selalu waspada jika ingin melaut maupun berekreasi di pantai.

Menurut Maman, pihaknya sudah memasang sejumlah papan pemberitahuan di sepanjang pesisir pantai teluk Kupang, namun selalu dirusak oleh sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

"Buaya berjenis kelamin betina itu langsung kita kandangkan agar tidak lagi menganggu aktifitas masyarakat pesisir yang pada umumnya berprofesi sebagai nelayan," kata Maman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com