Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diguyur Hujan 6 Jam, Kali Surabaya Normal

Kompas.com - 25/02/2016, 13:46 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA KOMPAS.com - Kondisi Sungai Kali Surabaya pada Kamis (25/2/2016) siang, pasca Surabaya Barat diguyur hujan deras selama enam jam, Rabu (24/2/2016) malam, terpantau masih normal.

Pantauan Perum Jasa Tirta di pintu air Gunungsari, kondisi air sungai mencapai 100 meterkubik per detik. Hanya saja arus air lebih deras dan warna air lebih keruh. Sementara batas maksimal debit air di Sungai Surabaya mencapai 280 meterkubik per detik.

"Jika lebih dari angka itu, maka sungai akan meluap," kata Kepala Subdevisi Jasa Asa II Perum Jasa Tirta Jawa Timur, Didik Ardianto.

Menurut dia, karena kapasitas air di Kali Surabaya masih mencukupi, banjir di Surabaya barat Rabu malam cepat surut. Bahkan di kawasan Wiyung, air sudah surut pada 24.00 WIB kemarin malam.

Pihaknya memastikan, banjir yang sempat menggenangi di beberapa kawasan di Surabaya Barat disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, sementara di daerah tersebut kapasitas drainase tidak mencukupi.

"Apalagi saat itu Kali Kedurus tidak mampu menampung air, jadinya meluap," tambahnya.

Kepala Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kota Surabaya, Soemarno, memastikan, meski hujan deras berlangsung selama enam jam, tidak ada proses evakuasi warga di sejumlah daerah yang terkenang air, seperti Wiyung, Babatan, dan Balongsari.

"Tidak ada evakuasi, meski air sempat menggenang cukup tinggi," ujarnya.

Dia juga memastikan, banjir disebabkan karena murni curah hujan tinggi, bukan karena banjir kiriman, atau banjir karena pasang surut air laut, jadi cepat surut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com