Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Warga Eks Dolly soal Penertiban Kalijodo

Kompas.com - 22/02/2016, 19:20 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Warga eks lokalisasi Dolly Surabaya menyampaikan salam hangat kepada warga lokalisasi Kalijodo Jakarta Utara. Warga Kalijodo diminta bersabar dan mengikuti arahan pemerintah, namun tetap harus menagih kompensasi yang dijanjikan.

Kompensasi tidak harus berbentuk uang tunai, tapi juga bisa berbentuk bimbingan dan kemudahan membuka usaha.

"Syukur-syukur bisa diberi modal usaha dan pengembangan jaringannya," kata Dwi Roro, warga Kelurahan Putat Jaya IV, Kecamatan Sawahan Surabaya, Senin (22/2/2016).

Menurut dia, apa yang dilakukan pemerintah itu agar warganya bisa hidup lebih baik. "Tergantung dari warganya bagaimana mengartikan ajakan pemerintah tersebut," tambahnya.

Harti (55), warga Putat Jaya III menambahkan, secara ekonomi, penutupan lokalisasi pasti berdampak secara ekonomi bagi warga di sekitarnya. Bagi dia, penghasilan memang berkurang, namun lingkungan bagi anak-anak menjadi lebih baik. 

"Saya menjadi lebih tenang, karena tidak khawatir lagi dengan anak-anak," terang Ibu dua anak yang membuka usaha cuci pakaian ini.

Penghasilan Harti dari usaha cuci pakaian memang berkurang sejak lokalisasi Dolly ditutup pada 2014 lalu. Dulu, sehari dia bisa dapat Rp 100.000, namun sekarang hanya bisa Rp 30.000 hingga Rp 20.000.

Kompas TV Dolly, Kawasan Prostitusi Jadi Kampung Wisata

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com