Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Anas: LGBT Menular tetapi Bisa Disembuhkan

Kompas.com - 22/02/2016, 09:41 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menilai bahwa lesbi, gay, biseksual dan transgender (LGBT) bisa disembuhkan dan harus dilakukan melalui pendekatan keluarga, bukan pendekatan hukum.

Hal tersebut diungkapkan Anas kepada Kompas.com, Minggu (21/2/2016) di halaman Pendopo Shaba Swagata Blambanga.

Ia mengaku saat mengetahui isu LGBT muncul, dirinya langsung membaca beberapa buku referensi psikologi.

"Dari buku referensi itulah saya memahmi bahwa LGBT bisa disembuhkan. Namun juga bisa menular jika lingkungan mendukung," jelas Bupati Anas.

Untuk itu, ia lebih memilih melakukan pencegahan dengan memberikan ilmu parenting kepada orangtua, terutama perempuan baik calon ibu maupun yang telah menjadi ibu.

"Untuk anak anak bisa dicegah dengan pembekalan ilmu parenting untuk orang tua, sedangkan yang dewasa bisa diarahkan kepada psikolog," jelasnya.

Bupati Anas juga mengaku telah berbagi informasi dari psikilog terkait LGBT tersebut kepada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar mendapatkan pemahaman dan eduksi yang tepat.

"Untuk yang sudah jadi memang butuh pendekatan edukasi dan ini tentu butuh tenaga. Nanti pada forum pimpinan daerah akan kita bicarakan dengan menggandeng tokoh agama. Tapi tetap yang terpenting adalah pencegahan dengan pendekatan keluarga," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com