Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Kereta Api Sudah Bisa Lewati Porong

Kompas.com - 18/02/2016, 10:40 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com - Banjir Sidoarjo yang sempat menenggelamkan rel kereta api (KA) di jalur Porong, Sidoarjo, sudah surut.

Kamis (18/2/2016) ini, perjalanan kereta api (KA) dibuka kembali. Ini menyusul kondisi genangan air di jalur rel antara Stasiun Tanggulangin - Porong yang tak lagi terendam.

"Kondisi jalur rel Porong sudah normal. Bahkan tadi malam sudah bisa dilalui KA," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto kepada Surya.

Dia menuturkan,  tadi malam kereta api (KA) yang kali pertama melintas lancar adalah perjalanan KA angkutan BBM.

KA ini dalam kondisi kosong dari Malang menuju Surabaya. Malam tadi, KA ini melintas pelan dengan kecepatan 5 km/jam di atas rel Porong.

Meski mulai hari ini perjalanan kereta api (KA) dibuka normal di jalur Porong, namun perjalanan kereta api (KA) itu akan dikawal petugas di lintasan.

Sementara itu, pagi ini genangan air di Porong sebenarnya masih ada. Tapi genangan itu hanya sebatas berada di posisi bantalan rel. Aman untuk perjalanan kereta api (KA) karena bantalan selalu dicek.

Jika dalam keadaan normal, lintasan rel sepanjang 3,6 kilometer sepanjang Tanggulangin-Porong bisa dilalui dengan kereta api (KA) dengan kecepatan 75 km/jam.

Jarak tempuhnya sekitar 5 menit. Namun saat ini harus dibatasi kecepatan maksimal 5 km/jam. (Nuraini Faiq)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com