Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Kendal Sajikan Makanan Sumpil dan Momoh untuk Tamu Pelantikan Bupati

Kompas.com - 17/02/2016, 03:11 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal terpilih Mirna Anissa meminta kepada bagian umum pemerintah Kabupaten Kendal untuk menampilkan makanan khas Kendal sebagai hidangan tamu pelantikan bupati/walikota se Jawa Tengah di Simpang Lima Semarang.

Menurut Mirna, Kabupaten Kendal banyak mempunyai makanan khas, seperti sumpil, momoh, sate bumbon, dan sate keong. Namun, belum ada satu pun makanan khas tersebut yang terkenal di luar Kendal.

"Besok (Rabu) semua makanan khas Kendal, yang dihidangkan di Simpang Lima Semarang supaya diberi nama. Biar tamu-tamu kenal dengan makanan khas kita," kata Mirna, Selasa (16/02).

Kabag Humas Kendal Heri Wasito menyatakan sudah menyiapkan makanan khas Kendal yang akan dibawa ke acara pelantikan kepala daerah se-Jawa Tengah yang dipusatkan di Simpang Lima, Semarang, Rabu besok.

Semua tamu undangan pelantikan bupati dan wali kota yang hadir dapat mencicipi makanan khas Kendal tersebut. "Ini bisa juga sebagai ajang promosi," kata Heri.

Menurut Heri, kelezatan makanan khas Kendal sebenarnya tidak kalah dengan makanan khas daerah lain. Di Kendal, makanan khas seperti sumpil kerap dihidangkan pada saat perayaan Maulud Nabi.

"Cuma mungkin karena belum banyak yang kenal, sehingga orang luar Kendal lebih memilih makanan umum bila berada di Kendal," ujar Heri.

Sebanyak 17 pasang pemimpin daerah yang terpilih dalam pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015 di Jawa Tengah akan dilantik bersamaan di Simpang Lima, Semarang, Rabu besok.

Acara pelantikan itu dimeriahkan dengan pesta rakyat di mana warga dapat ikut menikmati hidangan di sana secara cuma-cuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com