Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal "Cirebon Kota Tilang", Polda Jabar Turun Tangan

Kompas.com - 05/02/2016, 11:09 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Dirlantas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Sugihardi telah melakukan pengawasan utama terhadap munculnya predikat 'Cirebon Kota Tilang'.

"Untuk Polda Jabar sudah menurunkan tim untuk melakukan supervisi oleh Direktorat Lalu Lintas dan Direktorat Profesi dan Pengamanan," kata Sugihardi, Jumat (5/2/2016).

Dia menegaskan bakal menindak anggotanya yang melakukan tilang tanpa alasan. Meski begitu, dia mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi aturan di jalan raya.

"Tapi masyarakat juga harus tertib lalu lintas di jalan untuk keselamatan bersama. Kalau lengkap surat-surat dan kendaraan serta tidak melakukan pelanggaran kenapa mesti takut," ucap dia.

Dia menjelaskan, banyaknya operasi tilang di Cirebon merupakan bagian pengamanan lantaran Cirebon merupakan lintasan jalur utama Pantura sebagai jalan vital lintas Jawa.

Sugihardi menyangkal jika Cirebon merupakan daerah dengan angka tilang terbanyak di Jawa Barat.

"Bukan, karena Cirebon tidak terlalu luas. Bila dibandingkan antara petugas Polantas dengan jumlah kendaraan serta tilang yang dilakukan memang pointnya cukup tinggi," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com