Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Berisi Mahasiswa Terbalik, Satu Tewas dan 17 Lainnya Terluka

Kompas.com - 31/01/2016, 22:43 WIB
Kontributor Ternate, Fatimah Yamin

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Sebuah bus yang mengangkut 75 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate, Maluku Utara terbalik pada Minggu (31/1/2016).

Akibat kejadian ini, 17 mahasiswa mengalami luka-luka dan satu di antaranya tewas. Korban tewas diketahui bernama Firni Sasmita (21).

Belum diketahui pasti penyebab kecelakaan. Namun, kecelakaan diduga karena sopir yang membawa bus bernomor polisi DG 700 MU dengan kecepatan tinggi itu tidak mampu mengendalikan mobil yang dikendarainya.

Sopir diduga kehilangan kendali ketika berada di tikungan Desa Abraha Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi Unkhair yang ikut dalam rombongan, Akbar Gamtohe, mengaku, mereka baru saja pulang usai melakukan kegiatan kampus di desa binaan Desa Bukti Tinggi, Kecamatan Malifut.

Rencananya, mereka menuju Sofifi untuk selanjutnya menyeberang dengan kapal fery menuju Kota Ternate.

Hanya saja satu dari dua bus milik Dinas Perhubungan Pemprov Maluku Utara yang mengangkut seluruh mahasiswa terbalik.

"Ada dua mobil bus yang mengangkut seluruh mahasiswa, yang terbalik ini mobil bus yang terakhir," kata Akbar.

Warga yang melihat kejadian itu langsung membantu mengevakuasi, mengeluarkan seluruh mahasiswa yang terperangkap di dalam bus.

Dari sekian mahasiswa yang berada di dalam bus tersebut, satu diantaranya bernama Firni meninggal di lokasi kejadian diduga akibat benturan keras di bagian kepala.

Sementara beberapa mahasiswa lainnya yang mengalami luka fisik, di antaranya tangan dan kaki yang patah maupun lecet, langsung dilarikan ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate untuk mendapatkan perawatan intensif.

Dekan Fakultas Ekonomi Unkhair Ternate, Nahu Daud, mengatakan bahwa pihak kampus akan bertanggung jawab atas kecelakaan ini. Sebab, kegiatan mahasiswa dilakukan resmi dari BEM Fakultas Ekonomi.

"Saya meminta pemprov juga turut membantu, untuk sama-sama mengurangi beban dari pihak kampus," kata Nahu Daud.

"Hari ini keluarga korban terbang dengan pesawat Sriwijaya dari Kabupaten Sorong menuju Bandara Babullah Ternate, setelah itu menuju di Desa Bukit Tinggi," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com