Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Tawan soal Tudingan terhadap Tangan Robot Buatannya

Kompas.com - 26/01/2016, 16:31 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Wayan Sumardana alias Wayan Sutawan alias Tawan (31) yang membuat alat bantu tangan robot menanggapi munculnya tudingan negatif terhadap alat buatannya.

Saat dihubungi, Tawan menekankan bahwa alatnya memang belum sempurna. Jika ada yang menanggapi secara negatif dan meragukan hasil karyanya, dia pun tidak akan mempersoalkannya.

"Ya terserah, tidak masalah. Memang alat saya kan perlu disempurnakan. Ini alat bantu, bukan robot," kata Tawan, Minggu (24/1/2016).

Bahkan, Tawan mengusulkan, jika ada yang meragukan alatnya, lebih baik mereka membantu Tawan untuk menyempurnakan dan tidak hanya berkomentar di media sosial tanpa melihat langsung. Terlebih lagi, beberapa dosen teknik dari Univesitas Udayana Bali sudah mengunjunginya dan melihat alat itu secara langsung.

"Yang bisa ngomong kan harus bisa membuktikan. Saya kan bilang, ini alat bantu kerja, sudah saya buktikan bisa bantu saya bekerja. Memang butuh penyempurnaan," tambahnya. (Baca juga: Tawan Siap Lengan Robotnya Diuji Para Pakar)

"Saya enggak banyak omong, tetapi saya buktikan. Jadi, yang ingin membantu saya untuk menyempurnakan alat saya ini ya silakan, biar saya juga bisa bantu orang lain. Saya bisa bekerja, cari makan," ujarnya.

Tawan adalah tamatan jurusan Elektro STM Rekayasa Denpasar pada tahun 2002. Stroke membuat tangan kirinya lumpuh. Karena harus menghidupi istri dan ketiga anaknya yang masih sekolah, dia harus mencari jalan untuk bisa menafkahi mereka tanpa harus meminta-minta ataupun berputus asa.

Kompas TV Ini Cara Kerja
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com