Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bekuk Pelaku Penipuan "Mama Minta Pulsa"

Kompas.com - 17/01/2016, 17:46 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com – Aparat gabungan Polres Parepare, Brimob Polda Sulsel dan Polisi Militer Kota Parepare, membekuk dua pelaku penipuan "mama minta pulsa" setelah terlebih dulu membajak akun Facebook seseorang.

Tersangka adalah pasangan muda Mail dan Id ditangkap dalam Operasi Cipta Kondisi di sebuah kamar hotel kelas melati di kota Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu (17/1/2016).

Dari kamar hotel itulah mereka meminta "pulsa" kepada ratusan korban melalui akun Facebook yang mereka bajak.

"Kami meminta pulsa kepada sejumlah teman pemilik akun Facebook atau Blackberry. Ratusan akun saya bajak menggunakan sebuah aplikasi,“ kata Mail kepada penyidik.

Mail menambahkan, modus minta pulsa lewat internet dilakukan karena para korban sudah mengetahui penipuan sejenis lewat SMS atau telepon.

Kasat Reskrim Polres Parepare AKP Nugraha Pamungkas menjelaskan, kejahatan yang dilakukan kedua tersangka dengan mengguakan akun Facebook atau Blackberry termasuk modus baru.

“ Penipuan mama minta pulsa, melalui akun Faceboo seseraong atau Blackberry Id, yang pelaku bajak, adalah modus Baru,“ ujar Nugraha.

Dalam operasi ini aparat keamanan tidak hanya mengamankan dua pelaku penipuan online tapi juga mengamankan puluhan pasangan muda mudi yang bermesraan di hotel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com