Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terduga Teroris Afif dan Istrinya Dikenal Tertutup

Kompas.com - 16/01/2016, 15:28 WIB
Kontributor Bogor, Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Afif atau Sunakim alias Nakim bin Jenab, terduga teroris yang meledakkan bom di kawasan Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016), dikenal tertutup oleh warga di sekitar kontrakannya di Kampung Sukamanah, RT 4 RW 2, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

Afif tinggal di rumah kontrakan tersebut bersama sang istri, IY, dan anaknya yang baru berusia sekitar lima tahun.

Menurut Ketua RT setempat, Waroh, Afif bersama keluarganya baru tinggal di kontrakan itu selama empat hari, yaitu sejak Rabu (13/1/2016).

Selama ini, lanjut Waroh, dia tidak pernah melihat sosok Afif bersosialisasi dengan warga. Istrinya pun hanya sesekali saja keluar rumah dengan mengenakan cadar menutupi muka.

"Warga sini enggak pernah lihat dia (Afif). Istrinya juga tertutup, jarang keluar rumah," kata Waroh, Sabtu (16/1/2016).

Tak banyak informasi yang diperoleh mengenai identitas lengkap Afif. Namun, beberapa sumber menyebutkan, Afif sebelumnya pernah ditangkap di Aceh atas perkara pelatihan perang dan kepemilikan senjata.

Sabtu (16/1/2016) pagi, Tim Gegana bersama dengan Polres Bogor melakukan penggeledahan di rumah kontrakan Afif di Kampung Sukamanah, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor (Baca juga: Kapolri: Salah Satu Terduga Teror adalah Sunakim).

Dalam penggeledahan tersebut, petugas menemukan buku jihad dan sejumlah kardus dan karung. Petugas tidak menemukan satu orang pun yang tinggal di kontrakan itu (Baca juga: Buku Jihad Ditemukan di Kontrakan Afif di Kabupaten Bogor). Diduga, istri Afif dan anaknya sudah menghilang pasca kejadian bom di Jakarta.

Buku Jihad Ditemukan di Kontrakan Afif di Kabupaten Bogor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com